Hemat Sambil Bergaya Hidup Hijau

06 Juni 2013

Penerapan gaya hidup hijau tidak hanya dapat menjaga kelangsungan sumber daya alam tetapi juga membantu Anda untuk berhemat.

Hemat Sambil Bergaya Hidup Hijau – DompetPintar.com

Walaupun ada yang mengasosiasikan gaya hidup hijau dengan gaya hidup mahal dikarenakan banyak produk hijau yang cenderung lebih mahal, masih ada banyak cara untuk hidup hijau sambil mengirit uang. Tidak percaya? Baca langkah-langkah untuk berhemat dengan gaya hidup hijau berikut ini.

 

Hemat Air

Hemat Sambil Bergaya Hidup Hijau – DompetPintar.com

Kurangi waktu mandi dan gunakan shower untuk menghemat tagihan air Anda. Anda bisa menghemat hingga 500 galon air dalam setahun hanya dengan mengurangi waktu mandi 1 – 2 menit. Bayangkan saja berapa yang dapat Anda hemat ketika membayar tagihan air PDAM. Selain itu, tutup keran air ketika bersabun atau menggosok gigi.

 

 

Hemat listrik

Hemat Sambil Bergaya Hidup Hijau – DompetPintar.comDengan kenaikan tarif listrik sebesar 15 persen pada tahun 2013, Anda tentu ingin mencari cara untuk mengurangi tagihan listrik Anda. Ada beberapa tips yang dapat diikuti jika Anda belum melakukannya.

Lepaskan kabel alat-alat elektronik dari stop kontak dan padamkan lampu ketika tidak digunakan. Menekan tombol off untuk mematikan alat elektronik tidaklah cukup karena listrik akan terus mengalir pada kabel walaupun tidak digunakan.

 Untuk mengetahui cara menghemat listrik untuk berbagai peralatan rumah tangga, klik di sini

Ganti bola lampu pijar di rumah Anda dengan lampu tabung/lampu TL neon yang lebih hemat energi dan efisien.

Waktu Earth Hour, jangan ketinggalan untuk mematikan lampu-lampu di rumah selama 1 jam. Anda dapat memanfaatkan waktu ini untuk menyiapkan candlelight dinner dengan pasangan ataupun bertukaran cerita horor dan curhatan bersama teman-teman Anda!

Daur/Pakai Ulang

Hemat Sambil Bergaya Hidup Hijau – DompetPintar.comKurangi penggunaan barang-barang disposable seperti gelas kertas/styrofoam yang akan dibuang setelah sekali pakai. Harga barang-barang tersebut memang murah. 1 gelas styrofoam tidak sampai gopek tapi kalau digunakan setiap hari bisa mencapai ratusan ribu. ≈ (Rp 500 x 365 =Rp 182.500).

Bagi yang jago membuat kerajinan tangan, daur ulang barang-barang bekas untuk menunjukkan kreatifitasmu dan mungkin Anda bisa menjualnya untuk mengantongi sejumlah uang. Contoh hasil kreasi dan kerajinan dari barang bekas dapat dilihat di sini (http://bahan-membuat.com/category/kerajinan)

 

Mulailah dengan langkah-langkah kecil untuk bergaya hidup hijau dan Anda akan membantu menyelematkan bumi sekaligus kantong  Anda sendiri ! Ayo ajak keluarga dan teman-teman Anda untuk memulai aksi go green !

gaya hidup, hijau, go green, hemat

Ikuti DompetPintar di Twitter:

Akun Twitter DompetPintar

Ikuti kami di Facebook

Latest Articles

Ferry Salim Terjuni Bisnis Demi Pendidikan Anak

Ferry Salim Terjuni Bisnis Demi Pendidikan Anak

Presenter dan pemain film Ferry Salim kini merambah bisnis kuliner. Pekerjaan barunya ini dia dedikasikan untuk ketiga buah hatinya.

Buletin

Ikuti buletin kami untuk mendapatkan diskon-diskon khusus, berita utama dan informasi tentang

Artikel-artikel Tentang Kredit, Keuangan dan Asuransi

Our articles categories

  • Kredit mini

    Kredit

    Dapatkan semua informasi tentang kredit di Indonesia
  • Keuangan mini

    Keuangan

    Temukan tips untuk berhemat di artikel kita tentang keuangan di Indonesia
  • Asuransi mini

    Asuransi

    Baca artikel - artikel kita tentang asuransi di Indonesia untuk mendapatkan informasi yang berguna
  • Gaya Hidup  mini

    Gaya Hidup 

    Temukan artikel yang menarik tentang gaya hidup di Indonesia

Partners

  • Citibank Cigna Mandiri Adira Insurance
  • AXA Allianz BCA