Cara Memilih Kredit Rumah Syariah


Jika Anda ingin melakukan kredit pemilikan rumah (KPR), kini ada pilihan lain selain mengajukan kredit ke bank-bank umum yaitu bisa memilih kredit ke bank-bank berbasis syariah. Apa untungnya memilih kredit berbasis syariah?

Artikel Kredit: Cara Memilih Kredit Rumah Syariah – DompetPintar.com

KPR Syariah punya beberapa kelebihan dibanding bank-bank konvensional.

 

  1. Lebih pasti. Pembiayaan kepemilikian rumah di bank syariah lebih pasti. Karena cicilan atau angsuran yang akan Anda lakukan tiap bulannya tidak berubah. Jadi meski ada perubahan situasi ekonomi yang membuat suku bunga KPR naik, Anda tetap membayar sesuai jumlah angsuran yang telah ditetapkan di awal.
  2. Tidak ada biaya penalti. Kalaupun Anda ingin melunasi hutang Anda sebelum masa kontrak KPR berakhir, Anda tidak akan kena biaya penalti. Sebab, harga KPR sudah ditetapkan di awal. Kalaupun Anda ternyata mampu mempercepat pelunasan hutang sebelum waktu yang disepakati, maka yang terjadi adalah bank syariah mengurangi margin keuntungannya. Jadi tidak dibebankan penalti seperti pada bank konvensional.

 

Bagaimana Memilih Kredit Rumah Syariah yang Terbaik

Untuk memilih kredit rumah syariah yang terbaik, Anda bisa ikuti tips-tips berikut ini.

  1. Cari perbandingan. Karena Anda ingin yang terbaik, maka Anda perlu membandingkan antar bank syariah yang ada. Anda bisa tanya mengenai KPR ke bank-bank syariah yang ada di kota Anda.
  2. Pilih yang prosesnya cepat. Rata-rata bank syariah pasti menawarkan proses yang cepat. Namun Anda bisa telusuri dari orang-orang yang pernah mengajukan proses KPR di bank-bank syariah tersebut. Anda bisa tanya ke mereka berapa lama biasanya proses KPR selesai.
  3. Pilih bank yang sudah berpengalaman. Bank syariah yang sudah berpengalaman dalam KPR biasanya lebih teruji. Sebab sistem mereka sudah terbiasa melakukan proses KPR. Sehingga pasti mereka sudah melakukan perbaikan-perbaikan jika ternyata prosedur yang sebelumnya mereka lakukan tidak baik. Lebih baik lagi jika bank syariah tersebut memiliki divisi khusus yang menangani KPR. Itu artinya, bank syariah tersebut memang menjadikan KPR sebagai produk andalan.
  4. Bandingkan rate. Perbandingan rate juga penting Anda lakukan. Carilah rate yang terkecil. Sebab dengan begitu, cicilan rumah Anda nantinya juga akan lebih kecil.
  5. Bandingkan biaya KPR. Bandingkan juga biaya KPR-nya. Tentu sebaiknya Anda pilih yang biayanya lebih murah. Apalagi biasanya biaya KPR ini harus Anda sediakan dulu sebelum kredit KPR Anda cair.
  6. Tanyakan fasilitas lain. Terkadang ada bank syariah yang menyediakan fasilitas-fasilitas tambahan untuk kredit KPR ini. Misalnya saja, Anda juga akan mendapatkan asuransi rumah dan sebagainya. Ini perlu Anda tanyakan agar jelas apa saja yang nantinya Anda dapatkan jika mengajukan KPR di bank syariah tersebut.

Nah, setelah Anda miliki data semua poin-poin di atas, Anda bisa pilih KPR syariah yang terbaik untuk Anda.

KPR, syariah, rumah, kredit

Ikuti DompetPintar di Twitter:

Akun Twitter DompetPintar


Terlilit Hutang Berkepanjangan? Ini Cara Mengatasinya

Terlilit Hutang Berkepanjangan? Ini Cara Mengatasinya

Kita selalu berharap bisa terbebas dari hutang secepat mungkin. Namun kadang, keadaan yang membuat hutang tak bisa cepat-cepat pergi hingga menjadi berkepanjangan. Jangan putus asa, terapkan saja...

Buletin

Ikuti buletin kami untuk mendapatkan diskon-diskon khusus, berita utama dan informasi tentang

Artikel-artikel Tentang Kredit, Keuangan dan Asuransi

  • Berbisnis dengan Pasangan Lebih Menguntungkan

    Berbisnis dengan Pasangan Lebih Menguntungkan

    Bingung mencari rekan kerja dalam berbisnis? Kenapa anda tidak berbisnis saja dengan pasangan anda? Pasangan bisnis Hendy Setiono dan Nilamsari telah membuktikan serunya berbisnis dengan pasangan.

  • Gaya vs Nyaman Saat Travelling

    Gaya vs Nyaman Saat Travelling

    Pakaian yang Anda kenakan saat travelling bukan hanya soal gaya. Tetapi juga soal kualitas kenyamanan yang Anda dapatkan dikala perjalanan.

  • Tips Mengajarkan Anak Mengelola Uang

    Tips Mengajarkan Anak Mengelola Uang

    Anak kecil jangan pegang uang banyak-banyak. Itu nasihat yang jaman dulu. Sekarang sudah nggak berlaku karena kita justru harus mulai mengajarkan si kecil mengelola uang sejak dini.

  • Selagi Masih Bekerja, Persiapkan Pensiunmu Sekarang!

    Selagi Masih Bekerja, Persiapkan Pensiunmu Sekarang!

    Mempersiapkan pensiun penting untuk menunjang kemampuan hidup di masa tua. Apakah Anda cukup yakin penghasilan saat ini mampu menghidupi Anda di masa tua nanti?

  • Berhentilah Bekerja dan Mulai Lakukan Ini!

    Berhentilah Bekerja dan Mulai Lakukan Ini!

    Kita kerap memaksa diri untuk bekerja dan mulai melupakan melakukan hal-hal -yang sangat penting untuk kesehatan. Berhentilah dan mulailah memikirkannya.

Our articles categories

  • Kredit mini

    Kredit

    Dapatkan semua informasi tentang kredit di Indonesia
  • Keuangan mini

    Keuangan

    Temukan tips untuk berhemat di artikel kita tentang keuangan di Indonesia
  • Asuransi mini

    Asuransi

    Baca artikel - artikel kita tentang asuransi di Indonesia untuk mendapatkan informasi yang berguna
  • Gaya Hidup  mini

    Gaya Hidup 

    Temukan artikel yang menarik tentang gaya hidup di Indonesia

Partners

  • Citibank Cigna Mandiri Adira Insurance
  • AXA Allianz BCA