Apa Pengertian Deposito?

28 Mei 2013

Bagi yang terbiasa datang ke bank, pasti pernah dengar istilah deposito. Namun mungkin belum sepenuhnya mengerti apa pengertian dari deposito itu sendiri.

Apa Pengertian Deposito?  – DompetPintar.com

Deposito adalah salah satu jenis produk simpanan dari bank yang penarikannya hanya bisa dilakukan pada tempo tertentu. Jadi berbeda dengan tabungan biasa yang bisa diambil kapanpun, pada deposito Anda hanya bisa menariknya setelah jangka waktu tertentu.

 

Keuntungan menyimpan uang di deposito adalah bunga yang ditawarkan lebih tinggi dibanding tabungan biasa. Meskipun begitu, ada minimal uang yang bisa disetor untuk menyimpannya sebagai deposito. Misalnya, minimal uang Rp 10 juta.

Jadi kalau untuk tabungan biasa, Anda bisa menabung berapapun setelah membuka rekening, tapi tidak demikian untuk deposito. Anda harus punya uang yang cukup besar agar bisa menyimpannya dalam deposito. Dan penambahan uang deposito tidak dapat dilakukan setiap saat seperti halnya tabungan biasa.

Untuk penarikannya, jika tabungan biasa bisa diambil kapan saja, sedangkan deposito harus menunggu jangka waktu tertentu sesuai yang Anda pilih. Biasanya jangka waktu deposito ada yang tiga bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. Anda bisa pilih jangka waktu deposito sesuai yang Anda inginkan. Umumnya semakin lama Anda menyimpan di deposito, maka bunga yang akan Anda dapatkan semakin besar.

Besar bunga yang ditawarkan pada Anda biasanya juga tergantung jumlah uang yang akan Anda simpan. Jika uang yang akan Anda depositokan jumlahnya semakin besar, maka bunga yang akan Anda peroleh pun lebih besar.

Umumnya bunga deposito berkisar antara 5 persen sampai 6 persen pertahun. Tentu tiap bank bisa berbeda mengenai suku bunga yang ditawarkan. Oleh karena itu, membandingkan suku bunga deposito antar bank adalah solusi yang baik untuk mendapatkan hasil deposito yang terbaik.

Orang menyimpan uang dalam bentuk deposito biasanya karena memiliki uang yang "nganggur". Jadi daripada disimpan di tabungan biasa yang bunganya lebih rendah, lebih baik disimpan dalam bentuk deposito karena bunganya lebih besar. Selain itu, keuntungan menyimpan dalam deposito adalah tidak adanya biaya administrasi bulanan. Hanya saja, untuk deposito dikenakan pajak deposito yang dihitung dari bunga deposito.

Deposito juga terhitung tabungan yang aman. Karena simpanan deposito dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Nmaun begitu ada batas maksimal jumlah deposito yang dijamin oleh LPS. Jumlahnya adalah Rp 2 milyar. Jadi sebaiknya jumlah uang yang Anda simpan dalam deposito tidak lebih dari Rp 2 milyar.

Itulah pengertian dari deposito. Sekarang jadi lebih mengerti kan apa yang dimaksud dengan deposito?

pengertian, simpanan, deposito, berjangka. bunga

Ikuti DompetPintar di Twitter:

Akun Twitter DompetPintar

Ikuti kami di Facebook

Latest Articles

Persiapan Jelang Kenaikan Harga BBM

Persiapan Jelang Kenaikan Harga BBM

Rumor kenaikan harga BBM santer terdengar. Namun, pemerintah masih belum memberikan kepastian kapan akan mengeksekusinya, tapi yang jelas kenaikan itu pasti terjadi. Bagaimana mengadapinya?

Buletin

Ikuti buletin kami untuk mendapatkan diskon-diskon khusus, berita utama dan informasi tentang

Artikel-artikel Tentang Kredit, Keuangan dan Asuransi

Our articles categories

  • Kredit mini

    Kredit

    Dapatkan semua informasi tentang kredit di Indonesia
  • Keuangan mini

    Keuangan

    Temukan tips untuk berhemat di artikel kita tentang keuangan di Indonesia
  • Asuransi mini

    Asuransi

    Baca artikel - artikel kita tentang asuransi di Indonesia untuk mendapatkan informasi yang berguna
  • Gaya Hidup  mini

    Gaya Hidup 

    Temukan artikel yang menarik tentang gaya hidup di Indonesia

Partners

  • Citibank Cigna Mandiri Adira Insurance
  • AXA Allianz BCA