4 Tips Mulai Usaha Sewa Rumah dengan KPR

18 Maret 2013

4 Tips Mulai Usaha Sewa Rumah dengan KPR

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bisa menjadi alat bagi Anda untuk memulai usaha sewa rumah. Anda bisa mulai membeli satu rumah, dua rumah, tiga rumah, dan seterusnya dengan sistem KPR. Lambat laun, pasti rumah yang anda miliki untuk disewakan akan banyak dengan menggunakan strategi ini.

Bagaimana caranya?

Sebelum membahas bagaimana cara bisnis sewa rumah dengan KPR, ada baiknya anda tahu kenapa berbisnis sewa rumah.

Alasannya, kebutuhan akan sewa rumah sangat besar di Indonesia. Mereka yang membutuhkan sewa rumah berasal dari beragam kalangan. Yang umum, biasanya keluarga muda yang baru menikah. Mereka biasanya membutuhkan sewa rumah sebelum membeli rumah. Selain itu, peminat sewa rumah berasal dari karyawan yang ditugaskan di lain kota. Biasanya mereka akan mengontrak rumah sebagai tempat tinggal selama mereka bekerja di tempat tersebut.

Bagi pemilik rumah mendapatkan sedikitnya dua manfaat langsung. Pertama, pendapatan dari sewa rumah tersebut. Dan kedua, peningkatan dari nilai tanah. Tiap tahun, harga tanah terus naik. Karena itu pasti aset tanah yang Anda miliki inipun akan terus meningkat nilainya.

Lalu bagaimana caranya memulai usaha sewa rumah dengan modal KPR?

  1. Cari rumah yang strategis. Atau minimal masuk kriteria untuk mendapatkan KPR dari bank. Rumah yang bisa di-KPR-kan seperti yang ada jalan yang muat untuk masuk mobil, tidak dekat kuburan atau tiang SUTET. Pastikan juga kawasan tersebut bebas banjir. Fasilitas air bersih dan listrik pastikan juga sudah tak lagi masalah.
  2. Hubungi pemiliknya. Jika Anda sudah punya rumah incaran, Anda bisa hubungi pemiliknya. Anda bisa tanyakan terlebih dulu apakah rumah tersebut bisa dibeli secara KPR. Jika pemilik rumah setuju, Anda bisa juga negosiasikan mengenai besar uang mukanya. Saat ini umumnya uang muka adalah 20 persen sampai 30 persen dari harga rumah.
  3. Cari KPR ke bank. Mulailah mencari KPR ke bank. Siapkan segala dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan KPR tersebut. Lebih baik lagi, jika Anda tak hanya mencoba di satu bank. Tapi coba untuk mengajukan di beberapa bank sekaligus.
  4. Bayar KPR dari sewa rumah. Saat KPR sudah disetujui, mulailah mencari penyewa rumah. Upayakan agar sewa rumah bisa menutup biaya KPR. Namun jika tidak, minimal uang sewa KPR tersebut ikut mengurangi beban tagihan KPR Anda.

Lakukan empat langkah ini secara berlanjut. Nantinya pasti Anda akan memiliki banyak rumah yang bisa disewakan.

Ikuti Dompet Pintar di Twitter:

Akun Twitter DompetPintar

Ikuti kami di Facebook

Latest Articles

Ini Alasan Mempercayakan Kartu Kredit Pada Anak

Ini Alasan Mempercayakan Kartu Kredit Pada Anak

Bukan untuk gaya-gayaan. Tetapi justru untuk memberikan anak pelajaran cara bertanggung jawab. Pun, ada manfaat lainnya buat mereka kelak.

Buletin

Ikuti buletin kami untuk mendapatkan diskon-diskon khusus, berita utama dan informasi tentang

Artikel-artikel Tentang Kredit, Keuangan dan Asuransi

Our articles categories

  • Kredit mini

    Kredit

    Dapatkan semua informasi tentang kredit di Indonesia
  • Keuangan mini

    Keuangan

    Temukan tips untuk berhemat di artikel kita tentang keuangan di Indonesia
  • Asuransi mini

    Asuransi

    Baca artikel - artikel kita tentang asuransi di Indonesia untuk mendapatkan informasi yang berguna
  • Gaya Hidup  mini

    Gaya Hidup 

    Temukan artikel yang menarik tentang gaya hidup di Indonesia

Partners

  • Citibank Cigna Mandiri Adira Insurance
  • AXA Allianz BCA