Penjelasan Lengkap mengenai Polis Asuransi


Penjelasan Lengkap Mengenai Polis Asuransi

Ketika bicara asuransi, salah satu istilah yang paling sering disebut adalah polis asuransi. Sebenarnya apakah yang dimaksud dengan polis asuransi itu?

Definisi polis asuransi adalah dokumen asuransi yang di dalamnya berisi kesepakatan antara pihak tertanggung (nasabah) dengan penanggung (pihak asuransi). Jadi, polis asuransi itu merupakan kontrak perjanjian bahwa perusahaan asuransi akan menanggung sejumlah kerugian pada masa mendatang yang mungkin timbul pada nasabah asuransi. Kadang, orang-orang menyebut polis asuransi ini juga dengan istilah 'kontrak', 'kontrak polis', atau 'sertifikat asuransi'.

Polis asuransi ini penting bagi nasabah maupun perusahaan asuransi. Berikut ini fungsi dari polis asuransi.

-Sebagai bukti tertulis bagi kedua belah (tertanggung dan penanggung) dalam perjanjian yang sudah disepakati.

-Bagi nasabah, adanya polis berarti adanya jaminan penggantian kerugian dari pihak asuransi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti tertera dalam polis. Sedang bagi perusahaan asuransi, polis berarti bukti tanda terima premi dari nasabah.

-Bagi nasabah, adanya polis berarti bukti pembayaran premi kepada asuransi. Dengan polis itu juga, nasabah bisa menuntut pihak asuransi jika tidak memenuhi kewajiban seperti kesepakatan dalam polis asuransi.

Sebelum Anda memutuskan membeli sebuah polis asuransi, Anda harus ketahui terlebih dulu manfaat serta detail dari produk asuransi itu. Begitupun ketika polis sudah diterbitkan, Anda harus membaca secara cermat poin-poinnya. Terutama pada bagian-bagian berikut ini.

-Hak dan kewajiban nasabah serta pihak asuransi. Pada bagian ini, Anda harus cermati hak dan kewajiban seperti yang sudah disepakati. Jika tidak, Anda bisa minta perusahaan asuransi mengubahnya.

-Perhatikan premi. Dalam polis juga disebutkan premi yang harus dibayarkan. Pastikan sistem pembayaran premi tersebut seperti yang sebelumnya dijanjikan oleh agen asuransi.

-Manfaat asuransi. Pada polis asuransi tersebut disebutkan secara jelas apa saja manfaat yang bisa Anda terima. Anda perlu pelajari secara cermat untuk memastikan manfaat yang Anda dapat sesuai yang sudah mereka janjikan.

-Lihat pengecualian. Anda perlu juga memahami apa saja hal pengecualian yang membuat manfaat asuransi tidak bisa dinikmati.

Jika Anda sudah memiliki polis asuransi, ada beberapa hal penting yang perlu Anda simpan baik-baik.

  1. Nomor polis. Ketika berhubungan dengan pihak asuransi, Anda biasanya akan ditanyai mengenai nomor polis. Karena itu sangat baik bagi Anda untuk menyimpan nomor polis tersebut. Misalnya, Anda bisa simpan nomor polis itu di handphone. Jadi jika sewaktu-waktu dibutuhkan, Anda bisa mudah mencarinya.
  2. Simpan berkas polis. Simpan polis asuransi tersebut baik-baik. Agar jika Anda perlukan bisa dengan mudah diambil.

Ikuti Dompet Pintar di Twitter:

Akun Twitter DompetPintar


Asuransi : Mana yang Prioritas dan Tidak

Asuransi : Mana yang Prioritas dan Tidak

Banyak produk asuransi ditawarkan namun mungkin Anda justru bingung, asuransi jenis apa yang wajib punya dan jenis asuransi mana yang sebenarnya tidak terlalu prioritas. Ini jawabannya.

Buletin

Ikuti buletin kami untuk mendapatkan diskon-diskon khusus, berita utama dan informasi tentang

Artikel-artikel Tentang Kredit, Keuangan dan Asuransi

  • Akankah Emas Kehilangan Pamornya?

    Akankah Emas Kehilangan Pamornya?

    Belakangan, harga emas naik turun layaknya roller coaster. Ketidak pastian harga ini tentu membuat ketar-ketir, masih layakkah emas menjadi pilihan investasi?

  • Agar Ke Mal Tak Berujung Khilaf

    Agar Ke Mal Tak Berujung Khilaf

    Niat awalnya, refreshing atau sekadar jalan ke mal. Kenyataannya, acara jalan seringkali berakhir dengan belanja-belanja yang berakhir penyesalan.

  • Bunga KPR Naik, Segera Lakukan Ini

    Bunga KPR Naik, Segera Lakukan Ini

    Suku bunga KPR melonjak, padahal cicilan terus berjalan. Anda pasti merasakan pusing tujuh keliling. Segera lakukan hal ini.

  • Yuk, Nak, Menabung di Bank

    Yuk, Nak, Menabung di Bank

    Tak hanya mengajarkan anak untuk menyimpan sebagian uang saku mereka, dengan menabung di bank, Anda pun bisa memberikan pengalaman baru bagi si kecil dalam hal mengelola keuangannya.

  • Mereka yang Pernah Terpuruk dan Bangkit Lagi

    Mereka yang Pernah Terpuruk dan Bangkit Lagi

    Mereka dikenal sebagai orang yang bergelimang sukses. Itu sekarang. Namun, di masa lalu, mereka pun pernah terpuruk dan nyaris hancur.

Our articles categories

  • Kredit mini

    Kredit

    Dapatkan semua informasi tentang kredit di Indonesia
  • Keuangan mini

    Keuangan

    Temukan tips untuk berhemat di artikel kita tentang keuangan di Indonesia
  • Asuransi mini

    Asuransi

    Baca artikel - artikel kita tentang asuransi di Indonesia untuk mendapatkan informasi yang berguna
  • Gaya Hidup  mini

    Gaya Hidup 

    Temukan artikel yang menarik tentang gaya hidup di Indonesia

Partners

  • Citibank Cigna Mandiri Adira Insurance
  • AXA Allianz BCA