Cara Pembayaran Kartu Kredit

09 Januari 2013

Cara Pembayaran Kartu Kredit

Pertanyaan "Bagaimana cara pembayaran kartu kredit?" sering mengemuka pada masyarakat. Pertanyaan ini tak aneh sebab kartu kredit belum sepopuler seperti kartu debit atau ATM. Meski jumlah kartu kredit yang dikeluarkan di Indonesia sampai tahun 2012 sudah mencapai 14,5 juta kartu, namun masih lebih banyak masyarakat yang tak paham soal kartu kredit. Itulah mengapa pertanyaan "bagaimana cara membayar kartu kredit" ini sering muncul.

Sebenarnya, amat gampang untuk membayar tagihan kartu kredit. Ada banyak cara pembayaran kartu kredit. Berikut ini beberapa cara membayar kartu kredit.

  1. Lewat teller bank penerbit kartu kredit. Jika Anda melakukan cara ini, berarti Anda harus mendatangi kantor bank, kemudian antri, dan melakukan setoran tunai untuk membayar tagihan kartu kredit Anda. Kerugian membayar dengan cara ini, selain terbatas waktunya sesuai dengan jam buka bank, juga Anda harus menyediakan waktu yang lumayan jika di bank tengah terjadi antrian panjang. Di samping itu, Anda juga akan dikenakan biaya administrasi pembayaran kartu kredit yang nilainya lumayan.
     
  2. Lewat ATM. Ini cara yang paling umum digunakan untuk membayar kartu kredit. Anda tinggal pergi ke ATM, lalu pilih menu pembayaran kartu kredit. Kelebihan membayar kartu kredit dengan cara ini adalah lebih gampang dibanding membayar lewat teller. Sebab mesin ATM banyak tersebar dimana-mana. Namun begitu, tetap ada biaya administrasi pada metode pembayaran kartu kredit ini.

  3. Lewat Autodebet. Cara yang lebih praktis lagi adalah dengan membayar secara autodebet. Artinya pembayaran kartu kredit Anda didebet dari rekening Anda. Yang perlu Anda lakukan hanya mengatur tanggal pembayaran autodebet tersebut dari tanggal jatuh tempo. Jadi debet akan dilakukan secara otomatis, dan lunaslah kredit Anda.

  4. Lewat phone banking. Yang ini, caranya Anda tinggal bayar melalui handphone (HP) anda. Jadi Anda tinggal ketik SMS pembayaran sesuai format yang telah ditentukan.

  5. Lewat internet banking. Metode pembayaran kartu kredit lewat internet banking pada prinsipnya seperti pembayaran lewat phone banking. Jadi Anda tinggal buka website bank Anda, lalu masukkan username dan password untuk login. Lalu carilah pada menu pembayaran kartu kredit, dan lakukan pembayaran.

Mau membayar dengan cara apapun, yang penting usahakan agar tagihan kartu kredit tersebut dibayar tepat waktu. Sebab banyak manfaat yang akan Anda dapat, mulai dari tak kena biaya keterlambatan (late charge), suku bunga yang lebih rendah, dan nilai kredit Anda pun jadi lebih baik.

Ikuti Dompet Pintar di Twitter:

Akun Twitter DompetPintar

Ikuti kami di Facebook

Latest Articles

Kredit Emas Batangan Layak di Lirik, Asal ...

Kredit Emas Batangan Layak di Lirik, Asal ...

Menyiasati harga jual, banyak institusi keuangan yang menawarkan jasa kredit emas batangan untuk menarik minat investor. Langkah ini layak dijajal, tapi ada syaratnya.

Buletin

Ikuti buletin kami untuk mendapatkan diskon-diskon khusus, berita utama dan informasi tentang

Artikel-artikel Tentang Kredit, Keuangan dan Asuransi

Our articles categories

  • Kredit mini

    Kredit

    Dapatkan semua informasi tentang kredit di Indonesia
  • Keuangan mini

    Keuangan

    Temukan tips untuk berhemat di artikel kita tentang keuangan di Indonesia
  • Asuransi mini

    Asuransi

    Baca artikel - artikel kita tentang asuransi di Indonesia untuk mendapatkan informasi yang berguna
  • Gaya Hidup  mini

    Gaya Hidup 

    Temukan artikel yang menarik tentang gaya hidup di Indonesia

Partners

  • Citibank Cigna Mandiri Adira Insurance
  • AXA Allianz BCA