Dasar-dasar Kartu Kredit


Dasar-dasar Kartu Kredit

Kartu kredit memang bisa diartikan sebagai kartu hutang, namun orang-orang bisa berbangga-bangga karena memiliki kartu hutang tersebut. Hal tersebut karena pihak bank memang hanya mau memberikan kartu kredit kepada kalangan tertentu saja dengan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Pemilik kartu kredit memang telah dipilih orang-orang yang dianggap mampu untuk kedepannya membayar iuran kartu kredit. Dalam kenyataannya orang-orang yang diberi kepercayaan oleh pihak bank tersebut ada yang ternyata “tak mampu” membayar tagihan kartu kreditnya. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan salah presepsi dan salah pakai kartu kredit itu sendiri.

Keuntungan memiliki kartu kredit adalah masalah kepraktisannya. Kartu kredit dapat digunakan dalam keadaan darurat saat kita tidak memiliki uang cash dan juga jauh dari ATM. Kartu kredit juga bisa digunakan dalam berbisnis jika kita membutuhkan uang secepatnya untuk modal dalam menjalankan bisnis kita. Kartu kredit internasional juga dapat memperlancar perjalananan kita saat kita berpergian ke luar negeri.

Sebelum memiliki kartu kredit kita juga perlu melakukan pemilihan kartu kredit apa yang benar-benar memberikan kita kemudahan bukannya tambah mempersulit kita. Jika melihat dari promosi yang dilakukan oleh tiap Bank mungkin kita juga akan bingung karena mereka tentu akan menyatakan produknya nomer satu. Berikut ini beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih kartu kredit :

  1. Memiliki akses yang luas/ATM global
  2. Adanya layanan asuransi yang memberikan jaminan akan pembayaran kartu kredit maupun jenis asuransi tambahan lainnya.
  3. Tingkat suku bunga yang diberikan apakah tinggi atau rendah dibandingkan dengan yang lain.
  4. Biaya over limit, pilihlah kartu kredit dengan biaya over limit yang kecil.
  5. Limit yang diberikan. Pilihlah bank yang memberikan limit yang besar.
  6. Bonus-bonus/reward yang diberikan.
  7. Lihatlah kinerja dan imej Bank yang mengeluarkan kartu kredit.

Salah satu Bank yang mengeluarkan kartu kredit adalah Bank Mandiri. Bank Mandiri mengeluarkan beberapa jenis kartu kredit. Salah satunya Platinum Card. Kartu kredit Platinum card ini memberikan bebas biaya tahunan bagi setiap pemegang kartu baru. Di website resmi Bank Mandiri kita bisa melihat benefit-benefit yang diberikan bagi pemegang kartu ini. Benefit yang diberikan terbagi atas benefit umum dan benefit khusus. Benefit khusunya  antara lain adanya layanan asuransi yang diberikan dan beberapa bonus lainnya. Kartu kredit Platinum card ini memiliki limit minimum Rp. 40 juta dengan bunga retail 3.50% dan bunga cash advance 4.00%.

Memiliki kartu kredit pada dasarnya untuk mempermudah kita dalam melakukan transaksi keuangan. Jangan sampai kartu kredit malah menyulitkan kita dikemudian hari. Menjadi pemilik kartu kredit haruslah bijaksana dan paham betul kewajiban dalam melunasi kartu kredit. Selain itu kartu kredit juga perlu dijaga keamanannya. 

Ikuti Dompet Pintar di Twitter:

Akun Twitter DompetPintar


Kawan Berbelanja yang (Bisa) Menyenangkan

Kawan Berbelanja yang (Bisa) Menyenangkan

Jangan terlalu antipati dengan kartu ini. Karena meski dia membuat Anda berhutang, namun berbagai fasilitasnya bisa meringankan belanja bulanan Anda. Namun tentu saja, Anda harus ekstra ulet dan...

Buletin

Ikuti buletin kami untuk mendapatkan diskon-diskon khusus, berita utama dan informasi tentang

Artikel-artikel Tentang Kredit, Keuangan dan Asuransi

Our articles categories

  • Kredit mini

    Kredit

    Dapatkan semua informasi tentang kredit di Indonesia
  • Keuangan mini

    Keuangan

    Temukan tips untuk berhemat di artikel kita tentang keuangan di Indonesia
  • Asuransi mini

    Asuransi

    Baca artikel - artikel kita tentang asuransi di Indonesia untuk mendapatkan informasi yang berguna
  • Gaya Hidup  mini

    Gaya Hidup 

    Temukan artikel yang menarik tentang gaya hidup di Indonesia

Partners

  • Citibank Cigna Mandiri Adira Insurance
  • AXA Allianz BCA